blogger, youtuber, kaskuser, internetpreneur

Kamis, 04 Oktober 2018

Rahasia Membentuk Habit yang akan Merubah Hidupmu!



Kamu tidak bisa merubah masa depan
Tapi Kamu bisa merubah Habit
Dan Habit mu lah yang akan merubah masa depanmu

Kebiasaan atau yang biasa disebut Habit merupakan sesuatu yang lengket dengan kegiatanmu sehari-hari. Misalkan saja ada dua orang yang berbeda. Orang pertama punya kebiasaan merokok. Kalau sehari saja tidak merokok, kepalanya langsung pusing. Kalau tidak merokok, ia akan merasakan sesuatu yang kurang. Namun orang kedua, punya kebiasaan membaca. Kalau sehari saja tidak baca buku, ia merasa ada yang kurang dalam hidupnya. Oleh karena itu ia selalu mencari hal baru untuk dibaca. Nah begitulah yang namanya habit atau kebiasaan, karena sudah terbiasa mengulang setiap hari. Maka aneh rasanya bila tidak melakukannya.



Sekarag saya tanya, dan jawab dengan hati anda. Manakah dari contoh di atas merupakan habit yang baik? Tentu orang yang kedua bukan? Saya juga begitu, sering banget merasa iri dengan teman-teman yang mempunyai kebiasaan baik dalam aktivitasnya sehari-hari. Mulai dari kebiasaan lari pagi, kebiasaan berdoa bersama keluarga saat makan malam, sampaidengan kebiasaan membuat artike blog terbaru setiap harinya. Keren sekali!

Tak bisa dielakkan, beberapa dari teman saya juga mempunyai habit negatif dalam kesehariannya. Contohnya saja merokok, minuman keras, menunda kerjaan, sampai yang suka bertaruh di permainan apapun! Jelas sekali kalau habit itu mempunyai peran yang sangat penting dalam hidup ini. Berikut ini akan saya jabarkan Rahasia membentuk Habit yang akan merubah hidupmu , simak baik-baik.

Rumus untuk merubah habit ini simpel sekali. Saya menyebutnya sebagai 3P. untuk membuat suatu kebiasaan kita perlu melakukan Pengenalan, Pendalaman, Pengulangan. Dan hal ini harus diresapi dan dilakukan dengan kesadaran sendiri, agar efeknya secara permanen berada di dalam otak kita. Memang kitalah yang mulanya membentuk habit ini, baru setelah itu biarlah habit yang memberikan perubahan pada kehidupan kita.



Habit itu seperti tanaman. Awalnya dicari bibit yang baik, lalu ditanam, dirawat, dan nanti akhirnya menjadi pohon besar yang akan melidungi kita. Jika dihubungkan dengan rumus 3P tadi, maka bibit dari habit adalah Pengenalan, pupuknya adalah Pendalaman, dan air adalah Pengulangan.

Sebagai contoh, Anda ingin belajar Bahasa Ingris. Lalu bagaimana caranya? Dimulai dengan menyadari dan membayangkan impact bila Anda mahir Bahasa Ingris. Dengan begitu Anda semakin yakin untuk melakukan pengulangan belajar bahasa Inggris secara terus menerus. Sisanya tinggal terus konsisten belajar baik secara teori maupun praktek dalam kegiatan sehari-hari. Bisa dengan membiasakan berbicara bahasa inggris kepada teman-teman Anda yang mahir. Banyak juga yang menulis secara konsisten setiap hari dengan bahasa inggris. Semaik sering diulang maka otak ANda akan semakin terbiasa mengucapkan dan mengeja perkataan dan kalimat bahasa Inggris. Ini adalah contoh simpel saja. Banyak sekali contoh lainnya.

Intinya, pupuklah habit positif mulai dari saat ini. Jangan ditunda lagi, karena penundaan secara terus menerus akan menjadi habit negatif baru (habit menunda pekerjaan). Contoh saja, banyak banget pembaca blog yang minta nasihat untuk bisa terus konsisten menulis blog. Jawabannya cukup simpel, lakukan saja terus setiap hari. Gak perlu trik muluk untuk bisa konsisten, hanya tinggal diulang-ulang saja. Nantinya kualitas akan menjadi semakin terasah dan semakin baik. Jadi kebiasaan menulis blog malah menjadi hal yang biasa saja, karena sudah menjadi habit.

Kalau Anda? Bagaimana? Apa punya trik lain untuk membangun Habit?

Tidak ada komentar: