blogger, youtuber, kaskuser, internetpreneur

Jumat, 05 Oktober 2018

Dahsyatnya AIDA, Formula Marketing Terbukti Paling Efektif selama 90 Tahun



Para Marketer biasanya menggunakan sebuah Formula yang hampir persis sama dalam membuat suatu marketing campaign. Formula ini biasa disebut dengan nama AIDA, yang merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Formula ini adalah salah satu model yang termasuk dalam marketing communication,  dan sudah hampir seabad digunakan dalam berbagai macam kegiatan pemasaran di seluruh dunia.

AIDA ini dipergunakan dan diperkenalkan pertama kali oleh E.K Strong. Ia mempublikasikannya pada jurnal psikologi terapan tahun 1925. Berarti Teori ini sudah berumur lebih dari 90 tahun lamanya. Sampai saat ini AIDA terus digunakan oleh banyak perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.

Yang paling menarik menurut saya, saat ini formula AIDA sering dipakai untuk Email Marketing, Content Marketing sampai suatu sales-lead-generation campaign. Berarti formula ini tidak pernah dimakan oleh jaman, karena meskipun media pemasaran menjadi semakin canggih, para marketer tetap berpedoman dengan metode legendaris ini. Tidak peduli jenis bisnisnya, baik B2B atupun B2C tetap saja AIDA merupakan formula terbaik hingga saat ini.

Saya jadi tertarik untuk membedah AIDA sebagai suatu teori populer dan paling efisien untuk modern marketing. Kita mulai dari yang pertama

Attention

Saat ini kita semua selalu dibombardir dengan banyak media, baik offline maupun online. Setiap saat mulai Anda membuka mata di pagi hari hingga beranjak untuk tidur, banyak sekali media yang dijejalkan ke setiap impuls pada indera yang Anda punya. Anda sudah tidak mungkin lagi membaca atau mengkonsumsi semuanya sekaligus. Dengan banyaknya jumlah media saat ini, para konsumen sudah terbiasa untuk melakukan teknik skimming. Bila terlihat atau terasa membosankan anda akan scroll atau pindah ke konten lain. Benar bukan?

Lalu apa yang membuat konsumen tertarik dengan konten yang kita buat? Jawabannya adalah Headline. Headline yang baik adalah headline yang dapat menarik perhatian pembacanya dalam 8 detik (suatu riset oleh SilverPop tahun 2013). Bagaimana caranya?  Menggunakan relevansi yang sesuai dengan kebutuhan calon konsumen saat ini. Selain itu, headline juga disampaikan sesuai dengan persona yang dimiliki oleh calon konsumen.

Interest

Bila anda berhasil menarik perhatian calon konsumen melalui Attention, apakah selanjutnya akan mudah? tentu tidak. Marketer perlu membangkitkan ketertarikan dengan informasi yang mumpuni agar memperkuat perhatian pembacanya. Informasi ini bisa berupa fakta, statistik, kondisi ideal dan lain-lain. Dengan mempertegas ketertarikan mereka, anda dapat menyadarkan calon konsumen bahwa masalah yang mereka hadapi harus segera dicarikan solusinya.

dengan melakukan ijeksi informasi, fase Interest ini akan membuat mereka terus membaca paragraf demi paragraf. Calon konsumen akan menjadi lebih tertarik untuk baca lebih banyak lagi.

Desire

Jika sudah sampai tahap ini, anda sebagai marketer akan membuat mereka makin tertarik dan sangat-sangat membutuhkan jasa/ produk Anda. Emosi yang dibangun menjadi lebih terikat dengan memaparkan manfaat produk/jasa. Tapi ingat ya, bedakan antara manfaat dengan fitur produk. Gambar dibawah ini merupakan perbedaan antara fitur dan manfaat.



Jadi sekarang anda sudah tau kan apa yang harus dituliskan agar konsumen memiliki Desire untuk membeli produk Anda?

Action

Awalnya konsumen dibuat tertarik dengan suatu topik, lalu dibuat semakin terikat secara emosional mengenai kebutuhannya. Nah tahap terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah meminta mereka mengambil keputusan/ tidakan tertentu.

Saat konsumen merasa manfaat dan informasi yang diberikan dalam konten tersebut sangat relevan dengan kebutuhannya, mereka tak akan ragu lagi membeli produk/ jasa yang ditawarkan.

Untuk bagian akhir ini biasa disebut dengan CTA (call to action). Istilah ini akan sering Anda dengar jika berkutat di dunia pemasaran. Biasanya CTA berupa button yang dapat diklik, nomor telepon, alamat usaha, email atau apapun yang bisa menunjang penjualan.

AIDA Merupakan Dasar Marketing Modern

Metode AIDA ini memanglah sangat sederhana. Dibagi menjadi 4 tahap, sedikit sekali. Tapi meskipun sederhana, proses membuat Konten Marketing yang baik memerluka pertimbangan-pertimbangan yang sangat matang. AIDA ini memang dapat digunakan pada bermacam strategi marketing, tapi pada terapannya sangatlah bergantung pada core bussines dan produk yang dijual.

Tidak ada komentar: