blogger, youtuber, kaskuser, internetpreneur

Selasa, 24 Oktober 2017

Menjadi pribadi yang mempunyai pikiran terbuka open up your mind



Bayangkan alam semesta ini, rata-rata pandangan kita hanya sebatas 180 derajat. Selain itu kemampuan panca indra setiap manusia sangat terbatas. Dan bayangkan jika seseorang tidak mampu membuka diri dan pikirannya. Sudah pasti hal itu menjadi penghambat terbesarnya dalam mencapai kesuksesan. Kenapa? because Everything is going so freaking fast.

Ditambah lagi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat. Oleh karena itu, kita dituntut untuk selalu belajar kapanpun dan dimanapun. Kita harus selalu up to date. Tidak ada ruginya kan, kalau kita selalu update segala informasi terbaru.

Terbukalah maka langkah kita akan menjadi lebih ringan

Dengan open-minded, aktivitas otak kita menjadi lebih terbuka terhadap bermacam ide-ide segar. Pandangan kita akan menjadi lebih luas, dan kesimpulan yang kita dapatkan menjadi lebih tajam. Bahkan dengan kebiasaan tersebut, membuat kita memiliki kemampuan nalar yang sangat bagus. Coba kamu singkirkan segala prasangka buruk saat kita berusaha berpikiran terbuka.

Kamu bisa mencoba beberapa langkah yang saya Sebutkan Dibawah ini. cara ini adalah proses simulasi mengetahui: 'Gimana sih rasanya jadi orang yang open-minded?' dan merasakan seberapa besar dampak baiknya untuk diri kamu, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Simulasi menjadi persona open minded


  1. cobalah berdiri menghadap Selatan. Lalu pejamkan mata dan membayangkan seseorang yang kamu benci. Jika tidak, coba bayangkan situasi yang membuat kamu merasa tidak nyaman.
  2. bayangkan lagi dengan dalam dan konsentrasi, apa yang akan terjadi pada situasi tersebut? bayangkan orang yang tidak disukai itu tepat berada di depan kamu, apa yang akan kamu lakukan? apa saling berteriak dengan orang tersebut? atau ada situasi lainnya.
  3. Buka mata Anda dan ganti posisi anda menjadi menghadap ke utara. Lalu pejamkan kembali mata Anda dan bertukar lah posisi. Di mana posisi kamu sekarang jadi orang yang kamu benci tersebut. Rasakan dengan dalam dan seksama apa perasaan orang yang kamu benci itu. Rasakan, bayangkan, bagaimana jika kita benar-benar berada pada posisinya.
  4. jika sudah maka buka mata kembali. Cobalah untuk lebih tenang, dan meresapi apa yang sebenarnya terjadi dari berbagai sudut pandang.
  5. ulangi kembali langkah-langkah dari point 1 sampai dengan 4. Apakah kamu merasakan adanya perbedaan yang mencolok? itulah kehebatan dari berfikir terbuka atau open minded.


Selain hal di atas tadi, masih banyak hal lain yang bisa di kita terapkan. Contohnya, dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah tahu apakah seseorang yang menyenggol kita di lorong kampus atau lobi kantor, mungkin sedang terburu-buru karena keluarganya masuk rumah sakit dan dalam keadaan kritis, atau seseorang di depan kamu lagi muram, karena ternyata dia habis bertengkar dengan pasangan sebelum berangkat beraktifitas, atau bisa juga seseorang tak dikenal tiba-tiba menegur, dan mengajak bicara, adalah orang yang menawarkan sebuah pekerjaan atau ilmu baru, tidak ada yang tahu bukan? lets be open!

Diambil dari wikihow Berikut ini adalah beberapa cara untuk melatih diri kita berpikiran terbuka:

Cara melatih diri agar berpikiran terbuka


  • Dengarkan berbagai jenis aliran musik. Di sini kita bisa belajar untuk mengapresiasi musik di luar musik yang biasa kita dengarkan.
  • Berbicara dengan orang asing, ataupun yang tidak kita kenal dekat. Mengobrol dengannya mengenai berbagai macam hal. Atau bisa juga mencoba mengobrol dengan anak-anak di pinggir jalan yang homeless. Kita belajar mengenal mereka dan apa yang ada di benak mereka. Get deep inside of them.
  • Travelling. Amati lingkungan serta orang-orang yang kita temui. Discover the various of human culture.
  • Rajinlah mencari sesuatu yang belum dimengerti via internet, dan dengan berbagai sumber yang ada. Sehingga terbiasa untuk mengasah dan menalar logika.
  • Observasi perilaku dan gaya hidup orang lain. Coba pahami apa yang mereka suka. Dan pikirlah berbagai alasan dibalik itu semua.


Dengan menjadi open-minded, kita belajar banyak hal baru dengan sangat cepat. Dengan terbuka kita akan menjadi lebih fleksibel terhadap masalah yang dihadapi.

Belajar, belajar dan belajar. Belajar tidak hanya di sekolah ataupun kampus, melainkan dari setiap apa yang kita temui, di mana pun kita berada. Ingatlah hal berikut dibawah ini:

Berpikiran terbuka akan mengeksplorasi pikiran sehingga membuat kamu menjadi lebih kreatif intuitif dan reseptif itu artinya semakin berpikiran terbuka maka semakin tinggi pula peluang kesuksesan kamu.

Tidak ada komentar: