blogger, youtuber, kaskuser, internetpreneur

Jumat, 27 Oktober 2017

Menentukan prioritas adalah kunci utama kesuksesan



Sama halnya mengenai perbedaan antara remaja dan dewasa, hal utama yang membedakan antara kehidupan kuliah dengan dunia kerja adalah manajemen waktu. Ketika kita kuliah setiap jadwal sudah pasti, dan rutinitas lainnya akan mengikuti waktu senggang setelah kuliah. Jarang sekali menemui kesulitan dalam mengatur waktu antara belajar, berorganisasi, dan berinteraksi sosial, Betul tidak?

Situasi di dunia kerja yang membingungkan

Ketika di dunia kerja, kita harus benar-benar bisa memilih apa yang penting untuk dilakukan segera, dan hal lain yang bisa ditunda atau didelegasikan kepada orang lain. Itulah yang sering kita sebut sebagai menentukan prioritas. Banyaknya godaan dan pemecah konsentrasi yang ada, seringkali menyebabkan seluruh jadwal yang telah dibuat satu hari sebelumnya bisa gagal dilakukan. Banyak hal tak terduga yang terjadi setiap harinya, dan kita harus siap untuk menghadapinya.

Saat kita bekerja, begitu banyak hal yang harus diselesaikan. Banyak ide yang ingin direalisasikan, terlalu banyak tempat yang ingin dicapai, dan terlalu banyak orang yang harus ditemui. Sementara waktu setiap orang adalah sama yaitu 24 jam sehari. Seringkali kita menyalahkan hal hal tak terduga tersebut menjadi pencetus tidak terkendalinya kesibukan kita. Namun sebelum menyalahkan, Apakah sebelumnya kita sudah pintar dalam membuat skala prioritas? Apakah cara kita sudah tepat dalam bekerja? dan Apakah kita sudah cukup fokus untuk mengatasi seluruh interupsi yang datang?

Jika belum, kita bisa mulai menerapkan hal-hal sederhana dibawah ini. Bagaimana menentukan skala prioritas dan mengelolanya.

Cara menentukan prioritas dan pengelolaannya


  1. Buatlah daftar dari seluruh kegiatan dan kepentingan yang harus kita lakukan dalam waktu tertentu.
  2. List kegiatan rutin harian yang juga harus diselesaikan.
  3. Buat pertimbangan, hal apa yang efeknya paling besar dengan cara yang paling mudah jika segera diselesaikan. Lalu dilanjutkan dengan pekerjaan yang tidak terlalu urgent dan kemudian pekerjaan rutin. Hal yang urgent, mempunyai pengaruh besar, dan berdampak panjang dan paling visible inilah yang diletakkan menjadi prioritas utama.
  4. Cermati dengan saksama, Apakah hal dan seluruh pekerjaan tersebut harus diselesaikan oleh kita? atau bisa didelegasikan kepada orang lain. Lalu timbul lah pertanyaan lainnya, yaitu Bagaimanakah cara mendelegasikan suatu pekerjaan? Caranya adalah dengan membagi atas beberapa rute. rute 1, hal yang didelegasikan adalah hal yang penting namun tidak urgent. Rute2, pastikan kita memberikan penjelasan mengenai tugas yang didelegasikan dengan jelas dan tertulis. Rute 3, pastikan bahwa orang yang didelegasikan benar-benar paham dan memang bersedia untuk mengerjakan tugas tersebut.
  5. Tentukanlah deadline yang jelas dan penuh pertimbangan. Disiplin lah dalam menjalankan deadline tersebut. Meskipun deadline sudah ditentukan, fokuslah pada berapa lama pekerjaan tersebut bisa diselesaikan. Bukan pada Kapan jatuhnya tanggal deadline.
  6. Berdisiplin lah dalam menjalankan daftar prioritas kita.
  7. Fokus dan konsentrasi. Hindari seluruh pengganggu seperti televisi, musik, game, telepon, sosial media, dan hal-hal mengganggu lainnya.
  8. Kenali irama biologis masing-masing. Setiap orang memiliki waktu titik terendah dan titik tertinggi yang berbeda-beda. Lakukanlah hal hal sulit dan prioritas tinggi saat irama biologis kita sedang ada di puncak (otak sedang dalam kondisi optimal untuk berpikir). Dan lakukanlah hal pada prioritas rendah ketika kita sedang dalam titik terendah irama biologis. Namun jangan lupakan deadline.
  9. Jangan terjebak pada kebiasaan menunda pekerjaan, ingin segalanya sempurna, dan cara kerja yang salah.
  10. Jangan pernah meremehkan hal dengan prioritas rendah, cicil sedikit demi sedikit, sehingga tidak akan menimbulkan rintangan lain yang lebih besar lagi.
  11. Selalu review skala prioritas setiap harinya. Karena skala prioritas bisa saja berubah apabila dikondisikan dengan situasi terbaru.
  12. Sebelum jatuh masa deadline, cek kembali to do list yang telah kita buat. Hal ini dilakukan untuk memastikan apa saja yang sudah terselesaikan, dan bersiaplah untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan lain yang masih tertinggal.


Menentukan prioritas ini tidaklah mudah namun tidak juga sulit yang pasti hal ini sangat sulit untuk dilakukan teruslah berlatih untuk menentukan prioritas sehingga setiap waktu kita akan selalu maksimal.

Tidak ada komentar: