blogger, youtuber, kaskuser, internetpreneur

Minggu, 22 Oktober 2017

Integritas adalah ciri-ciri orang sukses dan cara menjadi orang berintegritas tinggi



Mungkin arti integritas masih belum familiar di telinga kita. Tapi kata-kata ini seringkali kita dengar baik di televisi, radio, ataupun di kehidupan sehari-hari. Integritas berasal dari kata integer, yang berarti suatu kesatuan. Artinya secara keseluruhan adalah: suatu kesatuan, konsistensi, keteguhan, dan ketulusan, terhadap prinsip dan nilai-nilai yang diyakini. Berpegang teguh terhadap prinsip atau memiliki integritas bisa menilai sejauh mana seseorang dihargai dalam lingkungan pekerjaannya.

Berikut ini ada lima karakteristik konsisten yang dapat ditemukan pada orang dengan integritas yang tinggi.


Ciri-ciri orang yang berintegritas

1. bertanggung jawab

Di dunia kerja, mempunyai tanggung jawab atau komitmen berarti kita tidak hanya sungguh-sungguh bekerja, melainkan adanya sikap terbuka dan berbagi informasi untuk kemajuan bersama tim. Bahkan apabila kita melakukan kesalahan, kita tidak ada rasa segan untuk mengakuinya. Asalkan kita berusaha untuk tidak mengulanginya lagi, dan memperbaiki kesalahan tersebut. Bertanggung jawab adalah menanamkan responsibility dalam diri masing-masing, yang secara otomatis orang lain akan memberikan respect kepada kita. Jadi responsibility mempunyai efek respect terhadap diri kita.

2. Jujur dan rendah hati

Jangan sampai karena anda berbohong, Anda terpuruk menjadi orang yang terjebak dalam kebohongan. Anda tentu tidak ingin mengalaminya kan? Ketika berada di lingkungan pekerjaan, kamu akan sering berinteraksi dengan atasan. Seorang leader yang baik akan menjunjung tinggi nilai kejujuran, sehingga ia akan mendorong anak buahnya untuk berlaku jujur di setiap tindakannya. Seorang leader dapat memberikan contoh kejujuran melalui prinsip dan teladan pribadi. Dengan kejujuran bad things will be gone dan tanpa kejujuran Good things will be gone


3. Konsisten Antara kata-kata dan tindakan


Konsistensi akan membuahkan kepercayaan. Sejalan dengan itu, integritas akan terbukti pada saat kita melakukan apa yang benar, tanpa mempedulikan opini orang lain yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

4. Tidak menganggap remeh hal-hal kecil

Satu hal yang penting dalam hal ini adalah tidak berbohong untuk hal-hal kecil. Apalagi untuk hal-hal yang besar yang bukan menjadi urusan kita. Dengan menghargai hal-hal kecil kita akan belajar untuk menghargai orang lain, siapa dan apapun posisi dan jabatan orang tersebut.

5. Dipercaya dan mempercayai orang lain

Seorang atasan atau leader, tidak akan memberikan tanggung jawab lebih ataupun promosi kepada karyawan yang tidak terpercaya. Begitu juga dengan bawahan, dia tidak akan mau mengikuti dan mencontoh perilaku atasan yang tidak mereka percaya. Sama halnya dengan klien, tentu saja mereka tidak akan mau bekerjasama dengan perusahaan yang tidak bisa dipercaya. Ini biasa disebut the circle of Trust

Tidak ada komentar: