blogger, youtuber, kaskuser, internetpreneur

Senin, 23 Oktober 2017

Cara untuk respect kepada orang lain (Rahasia Orang Sukses)



Untuk mengenali lebih jauh Apa yang disebut respect, barangkali kisah berikut ini dapat mengubah cara pandang kamu mengenai respecting people:

Jangan menilaiku dari penampilan ku

Pada suatu siang yang terik, seorang anak dengan pakaian yang agak kusam memasuki suatu toko es krim di pinggiran kota. Dia sangat ingin membeli es krim vanilla choco chips kesukaannya. Lalu ia bertanya kepada pelayan toko di sana, "Berapakah harga es krim chocochips itu Bu?" Sambil menunjuk gambar es krim kesukaannya itu. Lalu dijawab oleh Pelayan toko, "Rp30.000". Lalu sang anak mulai menghitung uangnya dan ternyata tidak mencukupi. Anak tersebut bertanya kembali kepada pelayan toko, "Kalau es krim yang itu harganya berapa Bu?" sambil menunjuk es krim yang lainnya lagi. Pelayan toko pun menjawab dengan agak malas, "yang itu Rp25.000."

Siang itu toko Memang agak sibuk, karena banyak pembeli yang mampir untuk melepas dahaganya. Sang anak kembali mengeluarkan uang dari kantongnya dan mulai menghitungnya kembali, dan ternyata masih tidak cukup. Akhirnya, ia memberanikan diri untuk bertanya kembali, "bagaimana dengan es krim yang itu?" sambil menunjuk es krim coklat polos. Sang pelayan kembali menjawab pertanyaan si anak dengan nada yang ketus dan kesal, "Rp10.000" sambil langsung meninggalkannya dan melayani pembeli yang lainnya lagi. Sang anak kembali menghitung uangnya, dan kali ini ia tersenyum. Dan langsung berkata kepada Ibu Pelayan toko es krim tersebut, "Aku mau es krim yang itu saja Bu" sang anak akhirnya membeli es krim terakhir yang berharga Rp10.000. si anak memberikan uang Rp10.000 kepada pelayan. Dan setelah Pelayan toko memberikan es krim, sambil masih dengan wajah kesal kepada sang anak. Sang anak mengeluarkan uang Rp20.000 dan meninggalkannya di meja pelayan sebagai tips. Setelah si anak pergi, sang pelayan pun tertegun melihat tips yang diberikan kepadanya. Karena ternyata anak tadi sebenarnya memiliki cukup uang untuk membeli es krim kesukaannya. Namun karena ingin memberikan tips kepadanya, sehingga anak itu harus memilih es krim yang harganya lebih murah.

Pesan moral dari cerita diatas tadi berusaha mengingatkan kembali kepada kita mengenai betapa pentingnya untuk respecting people. Menghargai dan tidak meremehkan orang lain, atau bahkan memandangnya dengan sebelah mata, cara kita memperlakukan orang lain sangat mempengaruhi kesuksesan kita. Bagaimanapun juga manusia adalah sosial human being yang selalu membutuhkan orang lain di setiap aspek kehidupan.

Menghargai dan menghormati orang lain sangat luas penerapannya, termasuk di dunia kerja. Di dunia kerja, kamu akan bertemu dengan berbagai tipe atasan dan rekan kerja. Mereka berasal dari beragam latar belakang keluarga, pendidikan, dan suku. Dari latar belakang yang berbeda tersebut tentu akan menghasilkan karakter yang beraneka ragam. Jika kita tidak pandai menyikapinya, maka bukan hanya menyebabkan orang lain akan berbalik tidak respek kepada kita, melainkan juga menyebabkan karir yang stagnan.

Berikut ini ada beberapa poin penting, Bagaimana cara kita belajar untuk menghargai orang lain dari hal yang simple:

  1. Sebelum hargai orang lain hargailah dirimu sendiri, dan cobalah berdamai dengan dirimu sendiri.
  2. Hindari menghina dan mengolok-olok orang lain.
  3. Hargailah opini orang lain, meskipun belum tentu sesuai dengan pendapat kita.
  4. Berusahalah menjadi pendengar yang baik. Dari hanya mendengarkan saja kita bisa sangat menghargai dan dihargai oleh orang lain.
  5. Berusahalah memahami sesuatu dari berbagai sudut pandang.
  6. Peka terhadap perasaan orang lain.
  7. Jangan memaksakan kehendak kepada orang lain atas apa yang tidak mereka sukai.
  8. Jangan membicarakan orang lain dibelakang, sebelum mencoba berbicara kepada orang tersebut.

Tidak ada komentar: