blogger, youtuber, kaskuser, internetpreneur

Minggu, 29 Januari 2017

Bagaimana cara menjadi lebih tepat waktu?

Sejak menjadi mahasiswa dan bersosialisasi di lingkungan kampus, istilah 'ngaret' merupakan hal yang paling umum didengar. Janjian jam 9 untuk kerja kelompok, mulainya jam 10 atau bahkan jam 11. Benar-benar kebiasaan yang sangat lumrah ada di Indonesia. Semuanya berubah saat masuk dunia kerja, terutama bekerja di perusahaan asing. Saya banyak belajar tentang kedisiplinan. Misalnya saja orang jepang, biasanya mereka sudah datanng sebelum pertemuan dimulai. Bahkan 10-20 menit sebelum waktu yang ditentukan, semua persiapan sudah dipersiapkan dengan matang, keren kan?

Melihat kebiasaan orang-orang asing tentang kedisiplinan waktu, saya punya teori kalau sebenarnya tepat  waktu itu cuma soal kebiasaan saja. Tinggal dilakukan berkali-kali nantinya secara otomatis akan dilakukan tanpa persiapan dan tanpa terbebani. Jadi kalau sudah terbiasa semuanya dilakukan dengan mudah.

Jujur saja, saya ini bukan orang yang selalu tepat waktu, bukan rajanya tepat waktu. Tapi merasakan kebiasaan tepat waktu ini ada baiknya dishare kepada teman-teman sekalian. Semoga membantu

1. Sadari dulu bahwa Ngaret itu bikin repot

Dulu waktu masih jadi mahasiswa mungkin ngaret adalah hal yang wajar. Tapi kalau sudah dunia profesional bahkan di industri kreatif sekalipun, ngaret itu  adalah benih dari bencana. Bisa dibilang ngaret itu indikator kalau rencana selanjutnya akan jadi berantakan. Jadi tahap awal untuk menjadi tepat waktu adalah dengan 'sadar'. Sadar kalau ngaret tidak baik, bikin repot, bikin rugi.

2. Bisa menghitung Estimasi Waktu

Misalnya mempunyai janji di Bogor jam 11, perjalanan dari Depok ke Bogor naik kereta listrik itu memakan waktu +/- 1 jam. Maka hitung estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi. Perhitungkan juga segala kemungkinan yang ada seperti macet jalanan Bogor dan sebagainya. Bisa dilihat dari video di bawah ini.


3. Ingatkan orang lain beberapa waktu sebelum bertemu

Ini juga terkadang penting, karena tidak selalu orang yang kita ajak janjian juga  tepat waktu. Untuk berjaga-jaga dan menghindari kesalahan jadwal, ada baiknya saling mengingatkan. Hanya saja, jangan terlalu menyebalkan untuk mengingatkan orang lain setiap saat. Banyak orang yang merasa tidak nyaman dihubungi setiap waktu hanya untuk diingatkan jadwal bertemu. Cukup dengan intensitas yang wajar saja.

Itulah sedikit tips dari saya, semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi pribadi yang lebih tepat waktu.

Tidak ada komentar: